Kamis, 13 Februari 2020

BROSUR KUA KEC. DUDUKSAMPEYAN KAB. GRESIK (PERSYARATAN DAFTAR NIKAH DAN PELAYANAN LAINNYA)


KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN GRESIK
KANTOR URUSAN AGAMA
KECAMATAN DUDUKSAMPEYAN


Jalan Raya Duduksampeyan Nomor 33 Gresik
(031) 3903351 email ; kua.duduksampeyan@gmail.com

Kami melayani ; (PMA 34/2016)
1.Pendaftaran Kehendak Nikah & Pelaksanaan Akad Nikah
2.Bimbingan Perkawinan, Keluarga Sakinah & Calon Pengantin, Penasehatan Problematika Keluarga/ BP4.
3.Legalisasi Dokumen Perkawinan
4.Bimbingan Kemasjidan, Bimbingan Hisab Rukyat & Pembinaan Syari’ah
5.Bimbingan Penerangan Agama Islam
6.Bimbingan Zakat & Wakaf , Akta Ikrar Wakaf & Pembinaan Nazhir
7.Bimbingan Manasik Haji
VISI
Terwujudnya masyarakat Kecamatan Duduksampeyan yang taat beragama, maju, sejahtera dan saling menghormati antar sesama pemeluk agama.

MISI
Berdasarkan Visi tersebut Kantor Urusan Agama Kecamatan Duduksampeyan Mengemban misi :
a.         Meningkatkan tertib administrasi KUA.
b.         Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana KUA.
c.         Meningkatkan kualitas pelayanan kepenghuluan.
d.         Meningkatkan kualitas pembinaan catin dan bimbingan keluarga sakinah.
e.         Meningkatkan kualitas pelayanan keagamaan , bimbingan kemasjidan, hisab rukyat, pembinaan syari’ah, penerangan agama islam.
f.          Meningkatkan kualitas bimbingan zakat, wakaf dan bimbingan ibadah haji. 
g.         Meningkatkan kualitas koordinasi intern Instansi dan lintas sektoral.

TARIF PELAYANAN
Semua Pelayanan Tidak Ada Biaya / GRATIS
Kecuali Nikah di Luar Kantor / Luar Jam Kerja


Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2015



NIKAH di KANTOR / KUA (jam kerja)  = RP.  0,-

NIKAH di LUAR KANTOR = RP. 600.000,-
(ENAM RATUS RIBU RUPIAH)
DISETOR LANGSUNG KE BANK
( BRI / MANDIRI / BNI dll )

www.kuaduduksampeyan.blogspot.co.id

STANDAR PELAYANAN
1. Pendaftaran Kehendak Nikah => Pemeriksaan Berkas maksimal 25 menit, Penetapan atau Penolakan apabila ada kekurangan persyaratan  5 menit. ( pendaftaran dan hari pelaksanaan akad minimal 10 hari kerja.
2.    Pemeriksaan Calon Pengantin => Pemeriksaan data 25 menit, Penasehatan yang diperlukan 5 menit.
3.  Pembuatan Billing/Tagihan Biaya Nikah Luar KUA => Pemeriksaan berkas 15 menit, Pembuatan billing 10 menit, Pembayaran Billing di Bank oleh calon pengantin waktu kondisional.
4.   Pelaksanaan Akad Nikah => Pembukaan 3 menit, Taukil Wali 10 menit, Khutbah Nikah 15 menit, Akad Nikah 10 menit, Doa Akad Nikah 3 menit, Penandatanganan Berkas 10 menit. ( Diluar waktu perjalanan petugas/penghulu)
5.  Legalisasi Foto Copy Surat Nikah/Dokumen Nikah => Pemeriksaan Bukti Surat Nikah Asli  15 menit, Legalisasi 5 menit. (Apabila dokumen surat nikah dari KUA lain perlu waktu kroscek ke KUA bersangkutan minimal 1 hari)
6.    Bimbingan Perkawinan 1 paket => 8 jam materi atau 2 hari .
7. Surat Pengantar / Rekomendasi Pindah Nikah => Pemeriksaan 25 menit, Pembuatan Surat 3 menit.
8.  Penasehatan Problematika Perkawinan/BP4 => minimal 2 kali pertemuan . 1 pertemuan 30 menit.
9.  Konsultasi Kemasjidan, Zakat, Wakaf, Hisab Rukyat, Binsyar dan Penerangan Islam => kondisional
10.  Pembuatan Akta Ikrar Wakaf => Pemeriksaan berkas 30 menit, pembuatan konsep AIW 15 menit, Ikrar Wakaf 30 menit. Catatan : Apabila persyaratan lengkap sesuai aturan.
11.Bimbingan Manasik Haji bagi Calon Jamaah Haji Reguler => 1 paket 6 kali pertemuan , setiap pertemuan 4 jam.


PERSYARATAN PELAYANAN



A.  PENDAFTARAN KEHENDAK NIKAH

1.      Surat Keterangan Nikah (Model N1).
2.      Pemberitahuan kehendak  (Model N2).
3.      Persetujuan Mempelai (Model N3).
4.      Surat Keterangan Izin Orang Tua (Model N4), bila kurang dari 21 Tahun.
5.      Surat Keterangan Kematian (Model N6), bila berstatus Duda/Janda Mati.
6.      Surat pernyataan belum menikah bermaterai 6.000,- bagi yang belum pernah menikah
7.      Akta Cerai (AC), bila berstatus Duda/Janda Hidup.
8.      Dispensasi Nikah dari PA bila waktu mendaftar nikah usia catin kurang dari 19 tahun untuk CALON ISTRI atau SUAMI.
9.      Izin Poligami dari PA bila menikah lebih dari satu.
10.    Penetapan Wali Adhol dari PA bila walinya tidak mau bertindak sebagai wali.
11.    Surat Dispensasi dari Camat bagi pendaftaran yang kurang dari 10 hari kerja.
12.    Izin dari atasan bagi TNI/POLRI.
13.    Izin dari Kedubes/Konjen bagi WNA.
14.    Rekomendasi/Pengantar Nikah bila pasangan pengantin dari luar kecamatan.
15.    Foto copy KTP, KK, Ijazah, Akta Kelahiran.
16.    Pas photo ukuran 2x3 3 lembar dan 4x6 & 3 X 4 = 2 lembar berwarna dengan background biru.

CATATAN : SEHUBUNGAN SEGALA PELAYANAN BERBASIS NIK MAKA SEMUA DATA CALON PENGANTIN YANG DIPAKAI ADALAH YANG SESUAI NIK, APABILA BELUM SESUAI MAKA HARUS DIRUBAH / DIPERBAIKI TERLEBIH DAHULU SEBELUM DIDAFTARKAN KE KUA.

PROSEDUR
1.      Catin/wali/wakil wali datang ke KUA  membawa persyaratan.
2.      Melaksanakan Pemeriksaan Calon Pengantin dan Wali dan menandatangi formulir.
3.      Apabila nikah di luar KUA calon pengantin  memperoleh billing/tagihan bayar biaya nikah dan membayarkan ke bank lalu membawa bukti setor biaya nikah dari Bank ke KUA.
4.      Penerbitan Formulir PENGUMUMAN KEHENDAK NIKAH ( Model NC ).
5.      Pelaksanaan Akad Nikah sesuai hari yang ditetapkan



B.  SURAT PENGANTAR / REKOMENDASI PINDAH NIKAH
1.      Surat Keterangan Nikah (Model N1).
2.      Surat Keterangan Asal-Usul (Model N2).
3.      Persetujuan Mempelai (Model N3).
4.      Surat Keterangan Orang Tua (Model N4).
5.      Surat Keterangan Izin Orang Tua (Model N5) bila kurang dari 21 Tahun.
6.      Surat pernyataan belum menikah bermaterai  6.000,- bagi yang belum pernah menikah
7.      Surat Keterangan Kematian, bila berstatus Janda Mati (Model N6).
8.      Akta Cerai (AC), bila berstatus Janda Hidup.
9.      Izin dari atasan bagi TNI/POLRI.
10.    Foto copy KTP, KK, Ijazah, AktaKelahiran.
11.    Pas photo ukuran 2x3 3 lembar dan 4x6  2 lembar berwarna dengan background biru


PROSEDUR
Yang bersangkutan atau wakilnya datang ke KUA  membawa persyaratan









  
C.  LEGALISASI SURAT NIKAH
1.     Permohonan Legalisasi Buku Nikah (Model NA).
2.     Buku Nikah Asli
3.     Surat Kuasa bermaterai 6.000 apabila pemohon untuk orang lain.

PROSEDUR
Yang bersangkutan atau wakilnya datang ke KUA  membawa persyaratan.

D.  DUPLIKAT SURAT NIKAH
1.      Surat Permohonan Pembuatan Duplikat Buku Nikah (Model DN).
2.      Surat Keterangan/laporan Kehilangan dari Kepolisian atau Buku Nikah yang rusak serta keterangan dari Kades/kelurahan .
3.      Surat Kuasa bermaterai 6.000 apabila pemohon untuk orang lain.
4.      Foto copy KTP, KK dan pas photo ukuran 2x3 3 lembar untuk masing suami/istri.
PROSEDUR
Yang bersangkutan atau wakilnya datang ke KUA  membawa persyaratan

E.  AKTA IKRAR WAKAF ( AIW / APAIW )
1.   Bukti penguasaan tanah ( berupa surat tanah bagi yang sudah sertipikat atau keterangan riwayat tanah dilampiri bukti lainnya.
2.   Foto Copy KTP dan KK Wakif, Ahli Waris, Nazhir
3.   Surat pengantar dari Kepala desa/kelurahan.
4.   Surat SK Nazhir bagi yang sudah mendapatkan SK dan masih berlaku.
5.   Surat permohonan Akta Ikrar Wakaf
6.   Dokumen lainnya yang dibutuhkan

PROSEDUR
Yang bersangkutan atau wakilnya datang ke KUA  membawa persyaratan. Pelaksanaan ikrar wakaf sesuai waktu yang disepakati.

F.   PELAYANAN LAIN
1.   Surat permohonan dari pemohon sesuai dengan tugas dan fungsi KUA.
2.   Foto Copy KTP pemohon
3.   Pelayanan sesuai prosedur yang berlaku.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar