Senin, 16 September 2019

PROGRAM KERJA KUA KEC. DUDUKSAMPEYAN 2018 sd 2019



PROGRAM KERJA KUA KEC. DUDUKSAMPEYAN 2018 - 2019
TUGAS & FUNGSI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN
(Sesuai PMA 34/2016 Bab I Pasal 1, 2 dan 3)

Kantor Urusan Agama Kecamatan yang selanjutnya disingkat KUA Kecamatan adalah unit pelaksana teknis pada Kementerian Agama, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan secara operasional dibina oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.
KUA Kecamatan memiliki tugas melaksanakan layanan dan bimbingan masyarakat Islam di wilayahnya.
KUA Kecamatan menyelenggarakan fungsi :
a.    pelaksanaan pelayanan, pengawasan, pencatatan, dan pelaporan nikah dan rujuk;
b.    penyusunan statistik layanan dan bimbingan masyarakat Islam;
c.     pengelolaan dokumentasi dan sistem informasi manajemen KUA Kecamatan;
d.    pelayanan bimbingan keluarga sakinah;
e.    pelayanan bimbingan kemasjidan;
f.     pelayanan bimbingan hisab rukyat dan pembinaan syariah;
g.    pelayanan bimbingan dan penerangan agama Islam;
h.    pelayanan bimbingan zakat dan wakaf; dan
i.      pelaksanaan ketatausahaan dan kerumahtanggaan KUA Kecamatan.

Selain melaksanakan fungsi di atas, KUA Kecamatan dapat melaksanakan fungsi layanan bimbingan manasik haji bagi Jemaah Haji Reguler.

Untuk itu KUA Kec. Duduksampeyan memiliki :
VISI

Terwujudnya masyarakat Kecamatan Duduksampeyan yang taat beragama, maju, sejahtera dan saling menghormati antar sesama pemeluk agama.

MISI
Berdasarkan Visi tersebut Kantor Urusan Agama Kecamatan Duduksampeyan Mengemban misi :

a.        Meningkatkan tertib administrasi KUA.
b.        Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana KUA.
c.        Meningkatkan kualitas pelayanan kepenghuluan.
d.        Meningkatkan kualitas pembinaan catin dan bimbingan keluarga sakinah.
e.        Meningkatkan kualitas pelayanan keagamaan , bimbingan kemasjidan, hisab rukyat, pembinaan syari’ah, penerangan agama islam.
f.         Meningkatkan kualitas bimbingan zakat, wakaf dan bimbingan ibadah haji. 
g.        Meningkatkan kualitas koordinasi intern Instansi dan lintas sektoral.



Untuk melaksanakan Visi dan Misi yang ada KUA mempunyai Program kerja

I.      Peningkatan Tertib Administrasi
1.        Membuat komputerisasi data, melengkapi buku-buku administrasi KUA, menata dan menjilid daftar pemeriksaan nikah dari tahun 2000  s.d. tahun 2018.
2.        Membuat dan mengisi papan Struktur organisasi KUA, grafik peristiwa nikah, monografi KUA, data statistik KUA dan papan peta wilayah Kec. Duduksampeyan
3.        Membuat buku adminstrasi dan laporan keuangan
4.        Membuat profil KUA, mengarsipkan keluar masuk surat dan merapikan tata letak arsip
5.        Membuat standarisasi pelayanan yang prima terhadap masyarakat
6.        Menetapkan uraian tugas pegawai dan Sasaran Kerja Pegawai (SKP); 
7.        Melaksanakan pengukuran hasil capaian Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dan penilaian prestasi pegawai; 
8.        Melaksanakan pembinaan pegawai; 
9.        Melaksanakan rapat koordinasi ASN Kantor Urusan Agama Kecamatan; 

II.     Peningkatan Sarana & Prasarana KUA
1.        Menata ruang  arsip
2.        Menata ruang karyawan
3.        Pengadaan sarana yang diperlukan sesuai dengan dana yang ada.
4.        Pemeliharaan mebeler dan iventaris (servis rutin)
5.        Menata ruang pelaminan
6.        Menata halaman kantor

III.   Peningkatan pelayanan kepenghuluan.

1.        Melayani pedaftaran, pengawasan dan pencatatan nikah dan rujuk; 
2.        Melaksanakan pencatatan talak dan cerai; 
3.        Melaksanakan program Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah); 
4.        Melaksanakan sharing dan koordinasi data nikah dan  rujuk, dengan Kantor Kependudukan Kabupaten dan Kantor Kecamatan 
5.        Menyelenggarakan pembinaan kepenghuluan. 
6.        Pengembangan kopetensi kepenghuluan melalui karya tulis ilmiah dan seminar atau diskusi kepenghuluan.

IV.  Peningkatan pembinaan catin dan bimbingan keluarga sakinah.

1.        Menyelenggarakan Bimbingan Perkawinan atau Kursus Calon Pengantin; 
2.        Menyelenggarakan pembinaan pranikah; 
3.        Menyelenggarakan pembinan kelompok keluarga sakinah ;
4.        Menyelenggarakan sosialisasi hukum perkawinan/munakahat .melalui majelis taklim, Ormas islam & Organisasi Remaja/kepemudaan
5.        Melaksanakan pemberdayaan organisasi BP4 Kecamatan; 
6.        Mengefektifkan konsultasi dan penasehatan keluarga; 


V.     
V.    Peningkatan pelayanan keagamaan , bimbingan kemasjidan, hisab rukyat, pembinaan syari’ah, penerangan/penyuluhan agama Islam.

1.           Melakukan updating data tempat ibadah (masjid, langgar, dan mushalla); 
2.           Pembinaan takmir masjid secara berkala .
3.           Pembinaan hisab rukyat ;
4.           Melayani permohonan pengukuran arah kiblat; 
5.           Melaksanakan pendataan dan penerbitan pendaftaran masjid sesuai  Sistem Informasi Masjid (SIMAS); 
6.           Melakukan pendataan tempat penyembelihan hewan dan tukang pemotong hewan. 
7.           Sosialisasi konsumsi produk halal dan  produk-produk makanan yang sudah bersertifikat halal.
8.           Menyelenggarakan koordinasi dan Pembinaan Penyuluh Agama Islam Non PNS.
9.           Menyelenggarakan Kajian Tematik Keislaman dan Islam Wasathiyah;
10.       Menyelenggarakan Pelatihan Imam dan Khatib;


VI.  Peningkatan bimbingan zakat, wakaf dan bimbingan ibadah haji. 

1.           Pembinaan dan sosialisasi sadar berzakat, infak, shadaqah
2.           Pembinaan dan Koordinasi pada Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ)
3.           Mengumpulkan dan Mengelola data ZIS, Muzakki dan Mustahiq di Kel./Desa
4.           Menertibkan administrasi dan dokumen perwakafan; 
5.           Melayani permohonan pengawasan dan pencatatan peristiwa ikrar wakaf; 
6.           Melaksanakan pendataan dan pelaporan tanah wakaf; 
7.           Melaksanakan pembinaan nadzir wakaf; 
8.           Mengelola Sistem Informasi Wakaf (SIWAK) 
9.           Melaksanaan Bimbingan manasik haji bagi haji reguler
10.       Melayani permohonan bimbingan manasik haii perorangan
11.       Membentuk  pengurus IPHI baru
12.       Melakukan koordinasi dengan IPHI dalam pembinaan kemabruran haji. 




VII.       Peningkatan koordinasi intern Instansi dan lintas sektoral

1.   Bekerjasama dengan Kecamatan di bidang data kependudukan, PHBI, MTQ, dan lain-lain.
2.   Bekerjasama dengan MUI di bidang kerukunan ummat beragama, sosialisasi arah qiblat, penataran calon pengantin, sosialisasi zakat wakaf, sertifikasi label halal, pembinaan khotib jum’at, tata cara penyembelihan yang benar dan pembinaan mental ummat
3.   Bekerjasama dengan POLSEK tentang bahaya narkoba, sosialisasi undang-undang fornografi dan keamanan lingkungan.
4.   Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan /Puskesmas  tentang kesehatan reproduksi, imunisasi calon pengantin dan Keluarga Berencana dan produk halal.
5.   Bekerjasama dengan IPHI di bidang Binsik dan pelestarian haji mabrur.
6.   Bekerjasama  dengan DMI di bidang pemakmuran dan pemberdayaan fungsi masjid, pendataan tempat-tempat ibadah.
7.   Bekerjasama  dengan BKMM di bidang pemakmuran dan pendataan majlis ta’lim.
8.   Bekerjasama  dengan FKDT di bidang pendidikan di Madrasah Diniyah
9.   Bekerjasama  dengan LPTQ di bidang pembinaan Qori dan Qori’ah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar